Pada saat media rumah di seluruh dunia sedang berjuang untuk eyeballs, seorang berusia 27 tahun dari Indore, Madhya Pradesh, telah menemukan cara untuk mendapatkan sebagian besar konten di situs webnya untuk menjadi viral.
kursus komputer
Vinay Singhal memulai perjalanan wirausaha dengan keinginan untuk mengubah India dan menciptakan kesadaran tentang masalah nasional. Sebaliknya, tujuh tahun berlalu, ia telah menemukan kesuksesan melalui WittyFeed, situs web yang menciptakan konten yang dapat dibagikan — jenis yang "viral". Konten WittyFeed mencakup beragam topik, termasuk gaya hidup, hiburan, politik, olahraga, kesehatan & kebugaran, dan selebriti, dan termasuk cerita berdasarkan berita dan peristiwa terkini, video, kuis, dan listikel, mirip dengan konten viral yang dibuat oleh BuzzFeed atau UpWorthy.
Pada 13 September 2017, kreasi Singhal menduduki peringkat 41 di India dan 407 secara global menurut Alexa, layanan berbasis AS yang memeringkat situs web berdasarkan popularitas, sementara ScoopWhoop, klon BuzzFeed di India, berada di 453 di India dan 5.249 secara global .
Menurut Singhal, perusahaannya mendapatkan 80 juta pengguna unik dan 250 juta tampilan halaman dalam sebulan. Pada 2016, ia memperoleh pendapatan sekitar Rs30 crore ($ 4,5 juta) dan juga menguntungkan. Pada 12 September, WittyFeed mengumpulkan pendanaan tahap pertama (jumlah yang tidak diungkapkan) dari sekelompok investor malaikat, termasuk Anand Chandrasekaran, mantan kepala bagian produk di Snapdeal, dan Apurva Chamaria, kepala pemasaran perusahaan di HCL Technologies.
Awal mula
Vatsana Technologies, perusahaan induk WittyFeed, lahir pada tahun 2011 ketika Singhal masih menjadi mahasiswa teknik di SRM University, Chennai. Bersama dengan beberapa teman, Singhal meluncurkan Badlega Bharat (India akan berubah), sebuah usaha online yang mengorganisir acara untuk tujuan sosial. Segera dia menyadari bahwa patriotisme saja tidak akan berhasil dan Vatsana membutuhkan uang untuk tetap bertahan.
Pada tahun 2012, Singhal dan rekan pendirinya saat ini, saudara Praveen (23) dan teman Shashank Vaishnav (27), meluncurkan halaman Facebook yang disebut "Hal-hal Luar Biasa Di Dunia."
Hanya dalam waktu enam bulan, halaman itu memiliki lebih dari satu juta pengikut.
Ini dilakukan, antara lain, video bayi, lelucon, gambar alam dan satwa liar, dan video inspiratif. Hanya dalam waktu enam bulan, halaman itu memiliki lebih dari satu juta pengikut. Ketiganya kemudian mulai mencari cara untuk mengukur dan memonetisasinya. Setelah serangkaian iterasi dan perubahan nama, termasuk stupidstation.com, mereka meluncurkan situs web WittyFeed.
Sejak awal, Singhal dan rekan-rekannya menyadari bahwa mereka bukan satu-satunya di arena konten online, dan dua bidang utama perusahaan-perusahaan ini berjuang untuk memecahkan adalah distribusi dan monetisasi.
Jadi, pada tahun 2011, mereka menciptakan Viral9. "Influencer dapat mendaftar (di Viral9) dan memiliki akses ke semua konten yang telah diproduksi oleh WittyFeed dan mempostingnya kapan pun mereka mau ke komunitas mereka," kata Singhal.
Viral9 dijalankan oleh 30 anggota tim teknologi yang dipimpin oleh Vaishnav dan memiliki sekitar 60.000 influencer yang mendaftar. Siapa pun yang memiliki setidaknya 100.000 pengikut di platform seperti Facebook atau Twitter dapat bergabung dengan Viral9 sebagai influencer. Ini juga mengambil inisiatif untuk menjangkau influencer selebriti untuk membawa mereka ke kapal.
Tim WittyFeed kemudian melacak tautan yang dibagikan oleh influencer ini secara real-time dan memberi insentif kepada mereka berdasarkan lalu lintas yang dihasilkan. Ini mendaftar hampir 50 influencer sehari, kata Singhal, tidak ingin mengungkapkan berapa banyak mereka dibayar.
Perusahaan itu sendiri menghasilkan uang melalui iklan (termasuk iklan banner di halaman, artikel yang disponsori atau konten berbayar lainnya seperti kuis untuk pengiklan, dan video yang disponsori). Lebih banyak klik dan tampilan halaman yang dibawa oleh pengaruh berarti lebih banyak pendapatan.
WittyFeed sangat bergantung pada platform media sosial, dan Facebook adalah saluran distribusi terbesarnya karena sebagian besar pengaruhnya memiliki basis pembaca terbesar di sana.
Namun, algoritme berkala Facebook berubah dan misinya untuk menindaklanjuti artikel clickbait dapat terpukul dengan keras. Tapi WittyFeed selalu "kembali sangat kuat setelah setiap pembaruan" dengan meningkatkan kualitas konten, kata Singhal. Perubahan algoritme tersebut dapat mempengaruhi perusahaan dalam jangka pendek tetapi bekerja dengan baik untuk industri dalam jangka panjang karena memaksa situs web seperti WittyFeed untuk hanya memproduksi konten berkualitas, tambahnya.
Demikian pula, dengan Facebook memberikan video lebih menonjol, WittyFeed harus mengubah strategi dan infrastruktur teknologi terkait.
Namun, WittyFeed yang berusia tiga tahun memiliki lebih dari 40.000 cerita dalam berbagai format dalam bahasa Inggris dan Hindi. Ini bereksperimen dengan Spanyol, juga, sebelum kurangnya sumber daya memaksanya untuk melambat. Konten dibuat oleh tim internal berdasarkan topik yang disarankan oleh data yang dihasilkan oleh para ahli sendiri.
Namun, ketergantungan jelas WittyFeed pada influencer memberikan tantangan unik.
No comments:
Post a Comment